28 April 2014

Bukan Sekedar Pertunjukan Barongsai

ksatria lion and dragon dance troupe barongsai surabaya

ksatria lion and dragon dance troupe barongsai surabaya


Tarian singa barongsai sering kita jumpai saat hari raya Imlek, pesta ulang tahun, pesta pernikahan, upacara di klenteng, dan sebagainya. Barongsai akan menari, berlari, lompat, menghibur para penonton dengan ekspresinya yang bervariasi antara garang, atau lucu. 

Barongsai yang sering kita jumpai saat ini merupakan karya seni dan budaya nenek moyang kita di Tiongkok sejak sekian ratus tahun silam, yang terus diupayakan dengan penuh semangat agar dapat bertahan hingga hari ini. 

Perkembangan teknologi, film bioskop, berbagai macam musik, hiburan, makanan dan lainnya sangat mempengaruhi kehidupan modern saat ini, dan perlahan- lahan mulai menggeser seni dan budaya kita. Makim lama, makin sedikit orang (terutama kawula muda) yang sadar dan mengerti seni dan budaya leluhur.

Banyak video yang beredar di internet yang menampilkan pertunjukan barongsai menari hip-hop, shuffle kurang menghargai seni barongsai.

Kita harus meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan tradisi, seni dan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur kita, karena jika tradisi dan budaya makin luntur dan punah, maka hilang pula identitas kita.

Bukan sebuah kebetulan Anda sedang menyimak artikel ini, dan bukan sebuah kebetulan bagi Anda penyimak artikel ini yang juga seorang penggiat sejati barongsai. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan, menyebarkan, dan mengembangkan tradisi barongsai ini beserta nilai- nilai filosofi luhurnya kepada generasi penerus.

Sumber: www.lion-dancer.com

0 comments: