19 March 2014

Jenis Tarian Singa

Tarian Singa Utara
ksatria barongsai lion and dragon dance troupe - northern lion
Tarian Singa Utara dahulu kala merupakan pementasan yang diselenggarakan di istana kerajaan. Singa Utara umumnya berwarna merah, orange, dan kuning (warna hijau untuk singa utara betina), kepalanya berwarna emas, bulu- bulu yang panjang di seluruh tubuhnya. Pertunjukan tarian singa utara biasa dimainkan singa dewasa jantan dan betina, kadang juga turut diiringi oleh anak singa. Gerakan Tarian Singa Utara merupakan lambang ekspresi kegembiraan, mereka akan melakukan pertunjukan menaiki kursi, meja, atau mengejar2 bola.
ksatria barongsai lion and dragon dance troupe - tarian singa utara atraksi bolaksatria barongsai lion and dragon dance troupe - tarian singa utara atraksi meja



Tarian Singa Selatan - Fut San
ksatria barongsai lion and dragon dance troupe - southern fut san lion

Tarian Singa Selatan lebih cenderung dipertunjukkan dalam rangka upacara mendatangkan keberuntungan, dan mengusir makhluk halus. Singa Selatan memiliki tanduk, cermin di kepala, dan mata yang besar. Singa Selatan memiliki variasi warna yang sangat beragam. Terdapat 2 jenis Tarian Singa Selatan, yaitu Fut San dan Hok San. Tarian singa Fut San memiliki ciri- ciri: memiliki bibir yang melengkung, dan tanduk yang runcing. Gerakan Tarian Singa Fut San terkesan garang dan agresif.


Tarian Singa Selatan - Hok San
ksatria barongsai lion and dragon dance troupe - southern hok san lion

Tarian Singa Hok San hadir belakangan setelah Fut San (dan lebih modern). Singa Hok San memiliki ciri- ciri: memiliki bibir yang datar, atau lebih dikenal seperti paruh bebek, dan tanduk yang membulat. Gerakan Tarian Singa Hok San terinspirasi dari tingkah laku seekor kucing yang dikombinasikan dengan Tarian Singa Fut San.

Tarian Singa Selatan biasa diiringi oleh paman biksu tua yang jahil, lari ke sana kemari menggoda sang singa.


ksatria lion and dragon dance troupe barongsai surabayaksatria lion and dragon dance troupe barongsai surabaya tonggak high pole stunt

Variasi pertunjukan tarian singa.

Belakangan ini para antusiasme penggiat barongsai menciptakan variasi- variasi baru dari Tarian Singa Selatan, yaitu Fut Hok (gabungan Tarian Singa Fut San - Hok San) oleh orang- orang Singapore, Jow Ga di Tiongkok, dan Tou Pai di Hongkong.


Sumber: www.thelionarts.com/difference.html

0 comments: