04 July 2010

Kirab Dewa-Tegal-Jawa Tengah

Event kali ini Tim berangkat bersama dengan rombongan klenteng Pak Kik Bio-Jagalan-Surabaya untuk bersama-sama meramaikan ulang tahun Dewi Kwan Yim di Tegal-Jawa Tengah. Pada tangga 2/07/2010, sebanyak 8 personil pemain dari Tim Leong & Samsi Ksatria bersama rombongan berangkat menuju Tegal pada pukul 19.00, lama perjalanan 13 jam. Sesampainya di Tegal, rombongan langsung menuju hotel untuk sejenak merebahkan badan.

Klenteng-Tegal


Event kirab kali ini kurang lebih di-ikuti sebanyak kurang lebih 34 "kio" (tandu dewa) dari berbagai kota dan klenteng yang berbeda. Perlu di ketahui tim Ksatria bersama klenteng Pak Kik Bio merupakan perwakilan satu-satunya dari kota Surabaya.

Sekitar 34 "kio" akan dikirab (1)


Sekitar 34 "kio" akan dikirab (2)


Altar sembahyang


Mejeng dulu~!


Malam hari setelah bersantap malam, tim Ksatria berangkat ke Klenteng untuk melihat lokasi sekaligus mempersiapkan perlengkapan yang akan di pakai untuk kirab pada hari minggu pagi seraya membantu kru Pak Kik Bio menghias tandu. Kio tandu dewa dihias dan perlengkapan tambur serta berbagai macam atribut di-persiapkan, koordinasi antar anggota dilakukan sehingga pada saatnya kirab dilangsungkan, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selesai mempersiapkan segala sesuatunya, berjalan-jalan disekitar kelenteng untuk melepas penat dan menikmati pasar malam serta menilik alunan keramaian rakyat ternyata dapat menghilangkan penat.

Tim didepan Klenteng -Tegal


Menikmati keramaian kota


Hari minggu pagi di mulailah acara kirab, di mulai dengan ritual, Tim Ksatria memohon doa dan restu agar event kali ini sukses dan lancar, tidak lupa meminta berkat berupa "hu" untuk di tempel di bendera Tim Ksatria. Panjang rute untuk kirab sekitar 5km dengan panas terik matahari menjadikan kirab ini semakin menantang.

Menikmati keramaian kota


Perisapan sebelum show dimulai


Persiapan sebelum show


Dimulainya urutan tandu dari Pak Kik Bio untuk berjalan, dimulailah pula genderang Tim Leong dan Samsi Ksatria ditabuh. Tabuhan awal yang menggelegar membuat suasana semakin menjadi bersemangat. Selama perjalanan kirab dilakukan, seperti biasa tabuhan tidak diperkenankan berhenti. Beberapa saat personil tim Ksatria mencoba untuk ikut perpartisi dalam mengangkat tandu dewa, suatu hal yang menggembirakan dan tiada duanya~

Angkat tandu??Kenapa tidak.....


Proses kirab


Sore sekitar pukul 16.00 selesailah acara kirab. Santap sore, menata barang, checking, koordinasi dan beristirahat menjadi kegiatan wajib. Beberapa saat tim bersama rombongan langsung berangkat untuk kembal ke Surabaya. Kali ini perjalanan pulang membutuhkan waktu selama 15jam dikarenakan bus yang digunakan rombongan mengalami sedikit masalah. Namun secara keseluruhan penampilan dalam event kali boleh dibilang sukses dan terkoordinir dengan baik tidak lupa dapat kembali ke rumah masing-masing tanpa kekurangan suatu apapun (namo amitabha).

Sekian, sedikit artikel dalam perjalanan kami "Tim Leong & Samsi Ksatria-Surabaya"


Best Regards
Citra Satria O
Administrator of Ksatria Troupe Web-blog
National Taiwan University of Science and Technology
Taipei-Taiwan

0 comments: